Assalamualaikum, Wr,Wb
Halloo
teman-teman semua ketemu lagi di blog kelima saya niii.
Seperti biasa saya Fitri Ayu Permatasari dan kalau kalian mau lebih dekat dan
lebih akrab kalian bisa panggil saya Pipit yaaa. Oh ya, saya mahasiswi dari Kampus Institut STIAMI Kampus Pusat Pangkalan Asem, Saya Jurusan Administrasi Bisnis konsentrasi Bisnis Internasional Kelas Karyawan.
Tujuan utama saya Menulis tugas pada Blog ini adalah untuk melaksanakan tugas mata kuliah Model Bisnis dengan Dosen Pengampu Bapak Endra Marsudi, S.P.,M.B.A.
Lanjut ya teman-teman, kali ini saya ingin menjelaskan mengenai materi lain yang tentunya masih seputar bisnis yaaa teman-teman.
Di blog saya kali ini akan membahas PENTINGNYA INOVASI DISEBUAH PERUSAHAAN.
Legowww teman-teman kita simak yuk!!!!!
1. Kenapa perusahaan perlu berinovasi?
2. Apa pentingnya perusahaan berinovasi saat menghadapi masa pandemi? Berikan contoh inovasi perusahaan saat merespons kondisi pandemi
MARI KITA BAHAS TEMAN-TEMAN!!!!!
Inovasi bisnis adalah salah satu upaya untuk membuat bisnis tetap eksis, maju, dan terus berkembang. Berikut ini informasi tentang pentingnya inovasi dalam bisnis dan tips inovasi berbisnis agar usaha bertumbuh pesat.
Apa Itu Inovasi Bisnis?
Inovasi bisnis adalah proses penerapan ide-ide baru, kreativitas, dan gagasan segar terkait peningkatan produk atau layanan dari suatu brand. Tujuan inovasi dalam berbisnis tentu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mendapatkan keuntungan, dan tetap eksis dalam persaingan pasar.
Setiap pengusaha apapun bidang usahanya harus selalu melakukan inovasi dari waktu ke waktu untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kesuksesan usaha. Tidak boleh cepat puas dan berhenti berinovasi karena persaingan bisnis sangat ketat.
Pentingnya Inovasi dalam Bisnis
Keuntungan bagi perusahaan yang selalu melakukan inovasi, termasuk:
1. Menjaga Keutuhan Bisnis
Banyak brand yang berhenti berinovasi dan mereka tenggelam begitu saja di dalam persaingan pasar yang pesat. Inovasi berarti terus mencari ide dan pembaharuan agar bisnis kamu sesuai dengan pasar dan kebutuhan konsumen.
2. Menjadikan Bisnis Unggul dari Kompetitor
Berinovasi untuk memproduksi atau menyediakan produk/jasa yang lebih baik dari kompetitor atau setidaknya sama levelnya dengan kompetitor. Menjadikan brand kamu tetap diperhitungkan di ranah bisnis tersebut.
3. Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Brand kamu tidak akan menonjol dan dilirik oleh konsumen bila tidak ada peningkatan kualitas produk/jasa atau ide-ide terbaru.
Inovasi dalam bisnis juga salah satu cara untuk mempertahankan konsumen dan menjangkau calon konsumen baru agar tertarik dengan produk brand kamu.
4. Mengakomodir Karyawan
Karyawan terutama kalangan milenial dan Gen Z sangat kompetitif. Mereka ingin berkarya dan bekerja di perusahaan yang mampu menampung ide-ide dan gebrakan baru mereka yang diyakini berpotensi memiliki masa depan cerah.
Karyawan yang passionate juga merasa tertantang dan bersemangat untuk memecahkan masalah, membuat strategi, dan mencapai tujuan perusahaan.
5. Meningkatkan Brand Awareness
Konsumen cenderung lebih suka pada brand yang terkenal karena inovasi dan kesadaran sosial. Terlebih lagi inovasi paling kuat bisa dilihat dari strategi pemasaran yang menarik sehingga membuat konsumen penasaran dan lebih mengenal brand kamu.
6. Memecahkan Masalah
Salah satu tujuan untuk melakukan inovasi adalah untuk memahami masalah dan menemukan cara memecahkan masalah itu dengan efektif. Misalnya, belajar cara efisien untuk strategi pemasaran yang baru atau menjangkau target konsumen yang lebih luas.
Itulah pentingnya inovasi dalam bisnis. Ada banyak keuntungan yang akan perusahaan dapat, yang paling penting untuk menjaga loyalitas konsumen karena dengan begitu perusahaan mendapat banyak keuntungan untuk perputaran bisnis.
Jenis-Jenis Inovasi Bisnis
Inovasi dalam bisnis tidak selalu berarti kamu harus menciptakan produk atau layanan baru, tapi ada beberapa tipe inovasi yaitu:
1. Inovasi Produk
Memberi sentuhan baru pada sebuah produk agar sesuai dengan tren. Misalnya, saat ini ada kue cubit dengan berbagai rasa modern seperti rasa keju, tiramisu, red velvet, dll.
Itu adalah upaya inovasi agar makanan tradisional tetap diminati dan tidak ketinggalan dengan makanan luar negri yang masuk ke pasar lokal.
Contoh lainnya adalah perusahaan Apple yang awalnya hanya memproduksi komputer, sekarang juga merancang dan menjual berbagai produk teknologi lainnya.
2. Inovasi Proses Bisnis
Inovasi untuk menemukan cara baru dalam berbisnis, bisa dari aspek mana saja. Misalnya, dulu toko konvensional dan sekarang toko online. Dulu harus membayar tunai namun sekaran bisa pakai fitur transfer.
3. Inovasi Model Bisnis
Inovasi untuk menemukan cara baru untuk mendapatkan keuntungan, menghasilkan uang, atau menghemat uang.
Contohnya, brand baju tidak hanya menjual baju namun juga menyediakan layanan sewa baju pesta yang mahal. Konsumen akan diuntungkan karena merasa lebih hemat dan brand itu juga mendapat keuntungan walau tidak menjual baju.
4. Inovasi Pengiriman
Inovasi dalam cara baru berbelanja di mana konsumen tidak perlu datang langsung ke toko karena barang bisa dikirim langsung dan cepat.
Beberapa brand besar seperti Tesla juga melakukan inovasi pengiriman di mana kamu bisa beli mobil secara online. Jenis inovasi ini membuat perusahan menjadi lebih efisien, maju, dan lebih untung.
Tips Inovasi Bisnis agar Selalu Sukses
Inilah beberapa tips bagaimana kamu harus mulai inovasi dalam menjalankan sebuah bisnis, baik bisnis kecil dan bagi pemula:
1. Menggali Kreativitas
Berbisnis bukan hanya tentang perhitungan matang antara modal dan laba, namun membutuhkan proses kreativitas di dalamnya untuk memajukan bisnis tersebut.
Bentuk kreativitas tersebut dibutuhkan dalam strategi pemasaran, desain kemasan produk, produksi iklan, menulis teks yang menarik (copywriting), meningkatkan kualitas produk/layanan, dan hampir dalam setiap sektor bisnis tersebut.
Jadi, pelaku usaha harus memiliki kreativitas juga bekerja sama dengan tim dengan visi, misi, dan passion yang sama untuk meningkatkan nilai bisnis tersebut.
2. Analisis Kompetitor
Salah satu proses inovasi dalam bisnis adalah bagaimana kamu menganalisis perilaku kompetitif dalam berbisnis. Mulai dari produk apa saja yang kompetitor punya, detail produk, fitur-fitur, layanan, proses produksi, bahan baku, hingga strategi pemasaran mereka.
Setelah memahami apa yang kurang dari brand kamu bila dibandingkan dengan kompetitor, kamu dan tim harus mulai berinovasi untuk lebih unggul lagi kompetitor. Setidaknya, level produk kamu tidak jauh berbeda dengan kompetitor di mata konsumen.
Kamu bisa mengadopsi strategi yang sama dengan kompetitor atau berpikir lebih kreatif lagi untuk menyajikan sesuatu yang baru untuk pasar.
3. Mempertimbangkan Testimoni Konsumen
Konsumen melalui testimoni, kritik dan saran, atau review memberikan kamu ide-ide baru untuk dipelajari. Semua opini dari konsumen, baik atau buruk, harus kamu jadikan pertimbangan untuk berinovasi sesuai dengan apa yang konsumen butuhkan dan harapkan.
Jangan abaikan kolom review di e-commerce atau komentar dari konsumen di media sosial. Tampung semua saran untuk membuat strategi yang lebih hebat untuk bisnis kamu di masa depan.
4. Mengoptimalkan Teknologi untuk Bisnis
Gunakan pendekatan digital marketing untuk meningkatkan bisnis kamu. Kamu bisa mulai memasarkan produk-produk atau layanan/jasa di platform digital seperti media sosial dan website.
Bila belum punya website, silakan hubungi TokoTalk yang menyediakan jasa pembuatan website toko online gratis.
Keuntungan memiliki website toko online adalah konsumen jadi lebih mudah mengakses informasi produk yang kamu jual dan memungkinkan untuk melakukan transaksi secara online juga.
Dukungan teknologi saat ini memungkin konsumen untuk berbelanja dengan cara yang lebih mudah dan praktis.
5. Tidak Terbatas pada Perubahan
Bisnis yang sudah sukses tetap harus berinovasi. Lakukan perubahan positif untuk menyesuaikan bisnis dengan permintaan konsumen saat ini.
Mungkin kamu tidak bisa merubah produk/layanan yang disediakan, namun beberapa aspek seperti strategi marketing itu harus diubah dan disesuaikan.
6. Membentuk Tim Kerja yang Solid
Seluruh tim mulai dari atasan hingga bawahan berperan dalam proses inovasi bisnis. Misalnya, lakukan brainstorming seminggu sekali untuk menampung ide-ide atau saran dari pegawai.
Pelatihan karyawan sesuai dengan bidangnya juga dapat menjadi aset perusahaan agar mereka bisa berkembang untuk bisnis tersebut.
7. Meningkatkan Kualitas Produk/Layanan
Memperbaiki apa yang kurang dari produk/jasa/layanan yang disediakan saat ini. Cari ide dan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk demi memenuhi kebutuhan konsumen.
Kamu tidak harus menciptakan produk baru yang berbeda dari yang sudah ada, tapi bisa dimulai dengan memperbaiki kualitas produk lama agar lebih bagus lagi.
Sebutlah brand ayam goreng original KFC yang tidak berubah sama sekali dan mengunggulkan rasa yang autentik. Namun, KFC tetap melakukan inovasi untuk menu makanan lainnya dengan menciptakan menu-menu baru sesuai tren tapi tidak mengubah menu originalnya.
8. Melakukan Strategi Pemasaran Baru
Seperti yang sudah disebutkan, strategi pemasaran adalah bentuk inovasi bisnis yang sangat terlihat dan kuat. Produk yang sama bisa dipasarkan dengan puluhan metode berbeda untuk menarik perhatian konsumen.
Berikut ini beberapa inovasi dalam strategi pemasaran:
- Menggunakan media pemasaran yang berbeda, mulai dari cara konvensional di koran dan majalah cetak sampai iklan digital di YouTube, IG, FB, Twitter, website, dan sosmed lainnya.
- Merekrut model iklan yang sedang digandrungi saat ini, influencers, key of leader (KOL), atau tokoh berpengaruh lainnya.
- Menggunakan copywriting sesuai target konsumen dan mengikuti tren saat ini.
- Menciptakan iklan video, motion video, animasi, dll.
Ada banyak inovasi dalam strategi pemasaran dan promosi lainnya. Kamu dan tim harus selalu membuat formula yang pas demi menarik banyak calon konsumen yang potensial.
9. Mengikuti Perkembangan Zaman
Jangan berhenti di situ, kamu sebagai pelaku bisnis harus mengikuti tren-tren saat ini. Misalnya, saat ini semua bisnis memiliki website toko online maka kamu juga harus memanfaatkannya.
Bila tidak beradaptasi dengan perkembangan pasar, makan brand kamu bisa tertinggal dan mudah dilupakan konsumen begitu saja.
10. Menjadwalkan Program Inovasi Internal
Pemilik usaha bisa mencetuskan ide agar setiap tim melakukan program inovasi internal secara teratur. Tujuannya untuk menampung energi kreatif karyawan dan mengeksekusi ide-ide brilian yang bisa direalisasikan.
11. Memperbaiki Fasilitas Kantor/Toko
Buat kantor atau toko menjadi nyaman dan sesuai persona brand baik untuk pegawai atau konsumen yang datang langsung. Tempat belanja yang nyaman akan meningkatkan persepsi baik konsumen akan brand kamu.
12. Melakukan Laporan Kinerja Per Kuartal
Laporan per kuartal, per semester, atau mungkin oer tahun dibutuhkan untuk menilai bagaimana grafik pertumbuhan perusahaan.
Apa saja yang menjadi faktor kenaikan tersebut dan bagaimana cara mempertahankannya. Bila turun, laporan itu akan digunakan untuk mencari solusi dan membuat rencana bisnis yang lebih potensial.
13. Memperluas Jaringan Bisnis
Silakan mencari partner bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan lain untuk memperluas kesempatan dan peluang bisnis.
Itulah beberapa tips inovasi dalam bisnis. Kamu harus terus menggali kreativitas dan melakukan perubahan yang baik agar bisnis kamu jalan terus.
Itulah pembahasan lengkap tentang pengertian, keunggulan, dan tips
inovasi bisnis. Bila tidak inovasi, besar kemungkinannya brand kamu
tidak sanggup bersaing dengan kompetitor dan pelanggan pun akan pergi.
Apa pentingnya perusahaan ber INOVASI disaat menghadapi masa pandemi ini?
Sebuah perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar tentu memerlukan adanya inovasi. Inovasi sendiri sebagai suatu ide baru diperlukan bagi perusahaan bahkan adanya inovasi dapat mempertahankan kelangsungan sebuah perusahaan. Pada kenyataannya hanyalah prusahaan yang inovatif saja yang mampu tetap berdiri dan bersaing dengan berbagai perusahaan lainnya. Sebuah inovasi sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan penemuan besar saja. Justru inovasi sebenarnya bisa saja meliputi beberapa temuan kecil namun bisa memberikan dampak atau pengaruh yang besar terhadap sebuah perusahaan.
Inovasi juga dapat membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam melakukan penyesuaian terhadap permintaan pasar. Maka dengan adanya inovasi tentunya perusahaan mampu menghasilkan produk yang semakin berkualitas. Selain itu adanya inovasi juga dapat membuat perusahaan bisa memberikan layanan pada pelanggan dengan semakin baik. Inovasi di dalam perkembangan suatu bisnis bisa saja berasal dari seorang karyawan biasa namun memiliki semangat kerja yang tinggi disertai dengan strategi pemasaran menarik. Untuk tetap mempertahankanb adanya inovasi di sebuah perusahaan maka sebaiknya setiap perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya dalam perusahaan. Jadi setiap tenaga kerja terbiasa untuk memikirkan ide-ide kreatif demi memberikan perubahan bagi perusahaan. Adanya inovasi yang menarik tentu akan menarik minta pelanggan sehingga permintaan produk perusahaan Anda akan semakin meningkat dan perusahaan Anda bisa memperolehlaba sebesar-besarnya.
CONTOHNYA KFC INDONESIA
Kinerja PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST) sepanjang tahun ini ikut terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Hal tersebut sudah terlihat dari kinerja operasional perusahaan.
Public Relations KFC Indonesia Ika Diah Rhanny mengungkapkan, pandemi Covid-19 sangat berdampak nyata pada KFC. Walau begitu, hingga saat ini perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan.
"Di awal PSBB beberapa store KFC yang berada di dalam mal harus tutup karena mengikuti operasional mal. Maka karyawan yang berada di store tersebut dirumahkan. Sekarang sudah kembali bekerja karena mal sudah dibuka kembali"
Kendati belum merilis laporan keuangan kuartal III-2020, kinerja emiten ini pun diperkirakan masih belum mampu bangkit. Mengingat berdasarkan kinerja semester I-2020, pendapatan FAST anjlok 25,4% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 2,51 triliun.
Perusahaan pun mencatatkan rugi periode berjalan sebesar Rp 142,23 miliar dalam enam bulan pertama 2020.
Adapun, pendapatan dari restaurant support centre Jakarta masih menjadi tulang punggung pendapatan FAST. Hal ini tercermin dari pendapatan sebesar Rp 913,69 miliar atau 36,33% dari total omzet perseroan sepanjang semester pertama tahun ini berasal dari wilayah Jakarta.
Kendati demikian, perusahaan tetap berkomitmen untuk terus menjalankan rencana ekspansi berupa pembukaan outlet di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini. “Rencana pembukaan store KFC masih dilanjutkan. 10 store akan dibuka hingga akhir tahun yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Ika.
FAST juga masih berusaha untuk mencapai target penjualan dengan waktu yang tersisa kurang lebih satu bulan sebelum tahun ini berakhir. Salah satu cara untuk tetap menjamin pemasukan di tengah pandemi, KFC mulai berganti strategi menjemput bola dengan berjualan di pinggir jalan.
Kini KFC banyak membuka gerai di pinggir jalan sejak April 2020. Umumnya paket makanan yang ditawarkan adalah menu ayam goreng dengan nasi.
Selain itu, KFC juga memberikan produk promo yang menarik dengan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen, memberikan produk yang sesuai standart, melayani konsumen dengan baik, dan tetap melakukan inovasi.
Ika juga mengaku, insentif dari pemerintah sudah diterima oleh beberapa karyawan, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
KESIMPULAN
Baik teman-teman pembahasannya hanya seperti itu dulu saja yaaa, barangkali temen-temen semua ada saran untuk penambahan materi atau ingin berkomentar mengenai pertanyaan seputar materi bisa langsung di kolom komentar yaaa, atau bisa melalui gmail ftrayuprmtsr@gmail.com.
Komentar
Posting Komentar