Assalamualaikum Wr.Wb.
Halloo
teman-teman semua ketemu lagi di blog kedua saya.
Masih dengan saya dong tentunya Fitri Ayu Permatasari dan kalau kalian mau lebih dekat dan
lebih akrab kalian bisa panggil saya Pipit yaaa. Oh ya, saya mahasiswi dari Kampus Institut STIAMI Kampus Pusat Pangkalan Asem, Saya Jurusan Administrasi Bisnis konsentrasi Bisnis Internasional Kelas Karyawan.
Tujuan utama saya Menulis tugas pada Blog ini adalah untuk melaksanakan tugas mata kuliah Model Bisnis dengan Dosen Pengampu Bapak Endra Marsudi, S.P.,M.B.A.
Lanjut ya teman-teman, kali ini saya ingin menjelaskan mengenai materi lain yang tentunya masih seputar bisnis yaaa teman-teman.
Okeii materi kali ini tentang Apakah Model Bisnis, Perencanaan Bisnis dan Strategi Bisnis berbeda? Yuk temanin saya untuk mengulas materi berikut.
Legowww teman-teman kita simak yuk!!!!!
APAKAH MODEL BISNIS, PERENCENAAAN BISNIS, DAN STRATEGI BISNIS BERBEDA?
1. Apa beda Model Bisnis dengan Perencanaan Bisnis?
2. Apa beda Model Bisnis dengan Strategi Bisnis?
Apa itu Model Bisnis?
Model bisnis adalah struktur yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan membangun nilainya. Ini mengacu pada di mana dan bagaimana perusahaan dijalankan dan bagaimana produk atau layanannya dikirimkan kepada pelanggan.
Dengan kata lain, ini menjelaskan posisi perusahaan dalam rantai nilai industrinya dan struktur organisasi hubungannya dengan mitra, klien, dan pemasok sehingga dapat menghasilkan pendapatan.
Beberapa elemen dasar dari model bisnis adalah perusahaan:
- Konsep bisnis dasar: Ini adalah ringkasan singkat tentang peluang bisnis perusahaan, termasuk hal-hal seperti konsumen rata-rata, produk atau layanan, manfaat yang dapat ditawarkan produk atau layanan kepada konsumen dan metode yang digunakan untuk menyampaikan produk atau layanan kepada konsumen .
- Posisi rantai nilai: Posisi rantai nilai mengacu pada posisi perusahaan dalam rantai pasokan yang membawa produk dan layanan ke konsumen.
- Manfaat yang diberikan: Model bisnis biasanya berisi perkiraan manfaat nyata yang dapat ditawarkan produk atau layanan mereka kepada pelanggan.
- Penggerak biaya dan sumber pendapatan: Aspek model bisnis ini mengidentifikasi aktivitas mana yang membutuhkan biaya serta aktivitas mana yang merupakan sumber pendapatan.
- Keunggulan kompetitif: Keunggulan kompetitif mengacu pada fitur yang menyebabkan konsumen menganggap produk atau layanan lebih unggul daripada yang ditawarkan oleh persaingan perusahaan.
Apa itu Rencana Bisnis?
Sebuah rencana bisnis adalah dokumen yang menguraikan alasan perusahaan untuk berada dalam bisnis, strategi untuk mendapatkan pendapatan dan kinerja keuangan yang diprediksi untuk masa mendatang.
Rencana bisnis sering digunakan sebagai cara untuk memberikan gambaran kepada investor, pemberi pinjaman, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya tentang suatu perusahaan. Untuk alasan ini, mereka biasanya merupakan dokumen komprehensif yang mencakup hal-hal seperti:
- Ringkasan eksekutif: Ringkasan eksekutif menjelaskan secara singkat apa yang dilakukan perusahaan dan rencana untuk memastikan keberhasilannya.
- Pernyataan misi: Di sinilah perusahaan memberikan satu atau dua kalimat yang merinci filosofi menyeluruhnya.
- Informasi dasar perusahaan: Biasanya ada seluruh bagian yang menguraikan nama perusahaan, industri, lokasi, dan tanggal mulai.
- Kredensial pemilik: Karena rencana bisnis sering digunakan untuk mengamankan pendanaan dari pemberi pinjaman atau investor, mereka sering kali menyertakan pengalaman kerja, kredensial, dan bahkan resume pemilik.
- Produk atau layanan: Rencana bisnis biasanya memiliki deskripsi rinci tentang layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan.
- Rencana pemasaran: Selain menyoroti produk dan layanan perusahaan, rencana bisnis merinci strategi untuk memasarkannya secara efektif.
- Informasi keuangan: Jika sebuah perusahaan mencari dana, mereka harus memasukkan informasi keuangan yang relevan dalam rencana bisnis mereka, seperti laporan bank, berapa banyak dana yang dibutuhkan, alasan membutuhkan dana dan rencana pembayaran kembali.
Apa itu Strategi Bisnis?
Strategi mengacu pada arah jangka panjang perusahaan
dan itu mengungkapkan di masa mendatang apa posisi yang diharapkan
perusahaan. Menjadi kompetitif dan mencapai keunggulan kompetitif
diperlukan untuk mencapai strategi yang diinginkan. Bahkan, ada berbagai
klasifikasi strategi. Di antara mereka, strategi perusahaan, strategi
operasional, dan strategi unit bisnis adalah umum dalam hal sudut
definisi. Strategi perusahaan mengacu pada ruang lingkup keseluruhan dan tujuan bisnis. Strategi tingkat perusahaan membahas seluruh perusahaan. Strategi tingkat bisnis
selalu fokus pada Unit Bisnis Strategis (SBU). SBU didefinisikan
sebagai departemen terpisah atau entitas konglomerat bisnis besar.
Keputusan utama seperti, pasar mana yang harus diikuti, dan strategi
bersaing apa yang harus digunakan di pasar-pasar tersebut ditentukan
dalam strategi tingkat bisnis. Strategi operasional
fokus pada desain proses organisasi, organisasi untuk menghasilkan
barang dan jasa sebagai fasilitator tingkat bisnis dan strategi
perusahaan.
Model Bisnis dan Rencana Bisnis Apa Perbedaannya?
Rencana bisnis berfungsi sebagai fondasi perusahaan, sedangkan model bisnis menyediakan struktur. Dalam banyak hal, Model Bisnis adalah konsep umum perusahaan. Sedangkan Rencana Bisnis mengambil konsep ini dan menciptakan deskripsi ide bisnis yang jauh lebih komprehensif dan terperinci. Meskipun memiliki perbedaan, baik model bisnis maupun rencana bisnis merupakan komponen yang diperlukan saat memulai dan menjalankan bisnis. Selain itu, keduanya dinamis, artinya keduanya terus ditinjau dan direvisi sepanjang umur bisnis.
Model Bisnis dan Strategi Bisnis Apa Perbedaannya?
• Definisi Model dan Strategi Bisnis:
Model Bisnis mengacu pada rencana atau diagram yang berbicara tentang bagaimana perusahaan menggunakan sumber dayanya, bagaimana bersaing, bagaimana mengembangkan hubungan bisnis, bagaimana berurusan dengan konsumen, dan bagaimana perusahaan menciptakan nilai untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. Sedangkan Strategi Bisnis mengacu pada arah jangka panjang perusahaan.
• Tujuan:
Model bisnis diturunkan untuk tujuan menentukan daya saing sedangkan Strategi Bisnis diturunkan dengan tujuan menentukan keadaan masa depan.
• Keterkaitan:
Model Bisnis memfasilitasi strategi karena strategi menentukan bagaimana perusahaan bersaing, sedangkan Strategi Bisnis menentukan arah jangka panjang perusahaan.
• Elemen dan Jenis:
Model Bisnis terdiri dari elemen aktivitas utama, sumber daya, pendapatan dan biaya, proposisi nilai, kemitraan utama, saluran, sumber daya, dan pelanggan. Sedangkan Jenis Strategi Bisnis yang umum adalah strategi korporat, tingkat bisnis dan operasional.
Baiklah teman-teman sepertinya sampai disini saja dulu pembahasannya apabila masih ada yang kurang atau ingin memberikan saran atau tambahan materi bisa langsung di tanyakan pada kolom komentar atau bisa kirim ke email saya ftrayuprmtsr@gmail.com
Terimakasih banyak teman-teman sudah menyempatkan waktu sudah membaca tugas kedua saya.
Komentar
Posting Komentar